Panas! Persaingan Rossi dan Lorenzo di MotoGP Inggris

Valentino Rossi bersama tim Yamaha memiliki peluang untuk bisa mengakhiri seri balapan terburuk dalam tiga balaoan terakhir ini. Pada pekan nanti, akan diselenggarakan MotoGP Inggris. Motor pabrik yang berasal dari Jepang itu memiliki rekor terbaik dalam trek sirkuit yang memiliki jarak 2,4 km di beberapa musim terakhir ini. Dengan adanya kedua pembalap ini Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Pada lima musim terakhir ini, tim Yamaha telah memenangkan tiga kali di MotoGP Inggris. Dimana masing-masing pembalap seperti Jorge Lorenzo di musim 2012-2013 dan Valentino Rossi pada musim 2015. Lorenzo sendiri telah mengkoleksi tiga kali gelar juara yaitu di tahun 2010, 2012, serta 2013. Sedangkan, The Doctor sudah mencatatkan namanya dalam mengkoleksi delapan kali kemenangan di semua kelas MotoGP.

Hal itu pun berubah mengingat pembalap yang berjuluk X-Fuera lebih memilih bergabung bersama Ducati Corse. Sehingga komposisi Yamaha semakin terpecah untuk membangkitkan timnya. Tetapi, keberuntungan dari Yamaha adalah masih memiliki pembalap yang handal dan hebat yaitu Marverick Vinales. Di musim sebelumnya, pembalap kebangsaan Spanyol tersebut sempat berada di podium utama dalam balapan MotoGp di Sirkuit Silverstone.

Yang berarti, tim Yamaha masih berpeluang untuk bisa melanjutkan momen terbaiknya di pekan nanti.

Rossi dan Lorenzo
Rossi dan Lorenzo saat di wawancara

Ternyata, Rossi Lebih Unggul di Sirkuit Siverstone

Valentino Rossi sebagai pembalap Movistar Yamaha masih mengungguli dalam mengarungi Sirkuit Silverstone, dibandingkan pesaingnya Jorge Lorenzo. Dimana Pembalap yang menunggangi Ducati Corse tersebut hanya tiga kemenangan, sementara Rossi sudah delapan kali di semua kelas MotoGP. Bahkan, tidak lama ini, Rossi dan juga Vinales telah menguji coba kuda besi mereka pada Sirkuit Misano.

Tujuan dari uji coba itu hanya sekedar ingin mengatasi masalah di perangkat elektronik dan ban. Selepas dari semua itu, Marc Marquez ataupun Andrea Dovizioso pastinya tidak ingin kehilangan kemenangan di MotoGP Inggris dari tangan mereka. Diprediksikan kedua pembalap tersebut akan menunjukkan penampilan terbaiknya sampai titik darah penghabisan untuk balapan di Inggris akhir pekan nanti.

Meski begitu, Yamaha sangat percaya diri di MotoGP Inggris 2017 yang akan berlangsung di Sirkuit Silverstone pekan ini. Dalam seri balapan itu membangkitkan Valentino rossi dan juga rekan setimnya Maverick Vinales. Karena kedua pembalap tersebut memiliki momen terbaik di trek itu. Menurut Rossi sendiri, MotoGP Inggris merupakan salah satu tempat favoritnya. Dimana dia sudah mencatatkan pengkoleksi kemenangan terbanyak di sana.

balapan motogp inggris
persaingan balapan di sirkuit silverstone

Hal-Hal Yang Menarik di MotoGP Inggris

  • MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone telah diadakan balapan di tahun 1977 dan kembali lagi sebagai taun rumah di tahun 2010.

 

  • Dalam grand prix di Sirkuit Silverstone, pembalap dari kelas 500cc kala itu bernama Pat Hennen berhasil sebagai pemenang pertama kalinya di trek tersebut.

 

  • Dibukanya kembali Sirkuit Silverstone di tahun 2010, pembalap asal Inggris yang bermain di kelas primier MotoGP mendapatkan hasil tebaik dalam balapan kandangan yang finis di posisi kedua. Saat itu diraih oleh Cal Crutchlow di tahun 2016.

 

  • Di Silverstone telah menghasilkan pembalap Inggris, yang berhasil memenangkan balapan seperti Danny Kent di kelas Moto3 tahun 2015, Scott Redding di kelas Moto2 tahun 2013. Dan yang terakhir adalaah Ian McConnachie pada kelas 80cc di tahun 1986.

 

  • Yamaha sukses mengemas empat kemenangan dibandingkan dengan Honda yang hanya dua kali, di dalam enam terakhir ini.

 

  • Di tahun 2010,2012 serta 2013, Jorge Lorenzo mampu mencatatkan namanya sebagai pemenang tiga kali di MotoGP Inggris.

 

  • Valentino Rossi yang sering berada di podium pertama dalam balapan di Silverstone. Dimana The Doctor, sudah mengumpulkan delapan kali kali di setiap kelas.